SYUKURAN LINGKUNGAN SINGOSAREN LOR


Senja itu di hari Selasa, 25 September 2012 menjelang pukul 7 malam … bertempat di rumah Bpk. Mintarjo, umat berbondong-bondong hadir di tempat itu. Ada para ketua lingkungan di wilayah tujuh, ketua wilayah tujuh, umat lingkungan Singosaren Lor, para frater novis SJ (yang sedang live-in di HKI), para suster PMY, serta anak-anak dari Helen Keller Indonesia (HKI). Mereka semua hadir untuk mengucapkan syukur atas pesta nama lingkungan yakni St. Gabriel serta perayaan HUT lingkungan yang ke-7. Rasa syukur ini diungkapkan dalam perayaan ekaristi yang dipimpin oleh Rm. Yatno Pr.
Tema dalam perayaan syukur ini adalah “Guyub Rukun Nyambut Gawe Kagem Gusti”. Dalam homilinya, Romo Yatno mengajak umat untuk meneladan St. Gabriel agar menjadi pembawa kabar sukacita atau pembawa kabar keselamatan bagi banyak orang. Sebagai orang katolik, hendaknya kita menjadi ‘plus’ karena ada Kristus yang hadir dalam diri kita masing-masing. Kehadiran Kristus itu kita wujudkan dalam perbuatan kita sehari-hari, semestinya kita mampu menjadi teladan bagi sesama dalam perbuatan kasih, pembawa kabar keselamatan, bukannya pembawa kabar kehancuran. Romo juga mengajak umat yang hadir agar senantiasa ‘Guyub’, bersatu padu hidup dalam kasih persaudaraan untuk bersama-sama melayani Tuhan dalam diri sesama.
Setelah perayaan ekaristi, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Rm. Yatno dan diserahkan ke Bu Nurtyas sebagai ketua lingkungan terpilih. Saat pemotongan tumpeng, Romo Yatno memberi contoh ke umat, bagaimana cara memotong tumpeng yang benar. Lagu “Selamat Ulang tahun” … mengiringi acara pemotongan tumpeng. Acara dilanjutkan dengan beberapa sambutan baik oleh ketua lingkungan Singosaren Lor maupun ketua wilayah tujuh.
Acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan makan malam bersama. Meskipun peringatan St. Pelindung dan HUT Lingkungan ini dirayakan secara sederhana tetapi berkesan sangat mendalam.

Oleh : Sr. Stanisla PMY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: