UNTUKMU INDONESIAKU


“Kamu dipanggil untuk kemerdekaan …
maka abdilah satu sama lain
dalam cinta kasih …”
Begitulah refren antar bacaan pada tanggal 17 Agustus 2012 dalam rangka HUT Kemerdekaan RI yang ke-67. Umat di lingkungan Singosaren dan sekitarnya merayakan peringatan kemerdekaan RI ini di kapel susteran PMY, bertepatan dengan jadwal misa di susteran PMY yang jatuh setiap hari Jumat (kecuali Jumat I). Lagu-lagu kemerdekaan dinyanyikan dengan penuh khidmat dan bersemangat, diiringi orgent oleh Sr. Magda PMY.
Perayaan ekaristi dalam rangka HUT RI ini dipimpin oleh Rm. FX. Suyamto Pr. Dalam homilinya, beliau mengajak kita semua untuk merefleksikan kembali makna kemerdekaan. “Sudahkah kita ini menjadi bangsa dan pribadi yang sungguh-sungguh merdeka “ ? Begitulah pertanyaan yang dilontarkan Romo Yamto dalam homilinya. Secara yuridis, Bangsa Indonesia memang sudah merdeka sejak tanggal 17 Agustus 1945 tetapi dalam kenyataannya sekarang ini, masih saja ada penindasan dimana-mana yang justru dilakukan oleh putra/putri Indonesia terhadap rakyat kecil. Realita masyarakat sekarang ini tidak lepas dari begitu banyak kekerasan dalam hidup yang katanya sudah merdeka. Lewat permenungan ini, marilah kita membangun kembali rasa pengabdian kita kepada sesama dengan penuh cinta kasih, mengutamakan budaya kasih, bukannya budaya kekerasan. Perayaan ekaristi ini berjalan dengan khidmat dan tenang, umat mengikuti perayaan ekaristi ini dengan penuh syukur.
Setelah perayaan ekaristi, acara dilanjutkan dengan makan pagi bersama secara sederhana di susteran PMY. Menu makan pagi saat itu yaitu nasi gudangan. Romo Yamto berkenan mempimpin doa dan memotong tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur atas HUT RI yang ke-67. Suasana di pagi hari itu juga terkesan mengharukan karena dalam kesederhanaan dan kebersamaan, kita sebagai Bangsa Indonesia masih diberi anugerah untuk merayakan HUT RI dalam perayaan ekaristi dan tumpengan nasi gudangan.
Semoga kita mampu menjadi Warga Gereja 100 persen dan Warga Negara 100 persen. Untukmu Indonesia … kami akan berjuang lewat hidup kami di masyarakat dan lingkungan kami sebagai orang katholik. DIRGAHAYU RI KE-67…

Oleh : Sr. Stanisla PMY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: