Sosialisasi Pemilihan Prodiakon 2013-2015


Pada hari Jumat (1/6) di Panti Paroki Atas diadakan pertemuan PPWL dengan tema sosialisasi pemilihan prodiakon tahun 2013-2015. Pertemuan PPWL kali ini dihadiri oleh perwakilan pengurus dari 32 lingkungan dan 6 pengurus wilayah. Dalam pengantarnya Romo Atas menyampaikan beberapa hal diantaranya. Ucapan terima kasih atas partisipasi dan pelayanan dari para prodiakon yang masih berkarya di paroki kita ini. Pemilihan prodiakon yang akan dilaksanankan ini merupakan wujud nyata dari optimalisasi kaum awam dalam tugas tata pengembalaan gereja. Prodiakon merupakan pemimpin rohani di tingkat lingkungan, selain itu sebagai teman sekerja ketua lingkungan. Sesudan pengantar singkat dari romo Atas, kemudian dilanjutkan oleh Bp.Kristiharjo selaku salah satu panita penjaringan prodiakon 2013-2015.
Mekanisme pemilihan prodiakon, setiap lingkungan diwajibkan mengirimkan minimal 2 orang calon yang akan diusulkan menjadi prodiakon paroki. Dengan jumlah maksimal 6 usulan calon prodiakon setiap lingkungannya. Periode pemilihan prodiakon kali ini tak ada usulan pribadi ataupun penunjukan oleh ketua lingkungan atau ketua blok mengenai calon yang akan diusulkan sebagai prodiakon. Calon prodiakon ditentukan dalam pertemuan atau rapat lingkungan yang dihadiri oleh umat yang mambahas tentang pemilihan calon prodiakon dari lingkungan masing-masing. Ada beberapa syarat menjadi prodiakon diantaranya tiga tahun kedepan masih berdomisili di paroki Kumetiran. Usia minimal 30 tahun dengan usia maksimal tak dibatasi asal masih mampu menjalankan tugas rutin sebangai prodiakon. Tak menjadi prodiakon selama tiga periode berturut-turut. Calon prodiakon tak merangkap menjadi ketua lingkungan atau ketu ablok. Syarat lainnya tak menjadi prodiakon di paroki lain dan tak menjadi batu sandungan di kalangan umatsendiri.
Setiap lingkungan diberi waktu 2 bulan dari bulan Juni hingga akhir bulan Juli untuk berembug/bermusyawarah menentukan calon prodiakon yang akan dikirim ke paroki. Tanggal 1 Agustus merupakan batas akhir penyerahan formulir calon prodiakon. Bulan September hingga bulan Oktober seleksi prodiakon dengan tatap muka langsung dengan romo. Awal bulan November nama-nama dari calon prodiakon yang terpilih dikirim ke Keusukupan Agung Semarang untuk diangkat dan diberi surat tugas sebagai prodiakon paroki Kumetiran periode 2013-2015. Dan tanggal 30 Desember pada misa minggu yang pukul 08.00 diadakan pelantikan prodiakon paroki Kumetiran periode 2013-2015.
Masih ada waktu kurang lebih 2 bulan bagi pengurus dan umat lingkungan untuk berkumpul bersama dan memutuskan minimal 2 calon prodiakon. Tak ketinnggalan doa dari para romo yang dipanjatkan setiap harinya, agar setiap lingkungan di paroki Kumetiran dapat mengirimkan minimal 2 calon prodiakon atau lebih diutarakan oleh romo Atas untuk menyemangati para pengurus lingkungan dalam memimpin penjaringan calon prodiakon. Selamat berproses dan menentukan siapa calon prodiakon yang akan dikirim ke paroki kita tercinta. Semangat!!!
-sigal-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: