Komunitas Tritunggal Mahakudus (KTM)


Komunitas Tritunggal Mahakudus merupakan sekelompok umat yang bersama-sama ingin mencapai tujuan hidup kristiani dan berkembang secara maksimal. Tujuan hidup kristiani tersebut terdapat dalam Mrk. 12:30 “Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu dan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu, dan dengan segenap kekuatanmu.” Komunitas ini mengambil nama “Komunitas Tritunggal Mahakudus” untuk selalu mengenangkan misteri cinta agung antara Bapa, Putera dan Roh Kudus, yang merupakan dasar dari seluruh hidup orang kristen, serta berusaha menghayatinya.

Komunitas didirikan oleh Romo Yohanes Indrakusuma, O.Carm dengan diadakannya retret perdana pada tanggal 9-11 Januari 1987. Tanggal 11 Januari 1987 ditetapkan sebagai tanggal berdirinya Komunitas Tritunggal Mahakudus dan komunitas ini terus berkembang hingga saat ini. Beliau juga sebelumnya mendirikan komunitas Suster Putri Karmel dan komunitas CSE (Carmelite Sancti Eliae), yang merupakan saudara dari Komunitas Tritunggal Mahakudus.

Komunitas Tritunggal Mahakudus bertekad menjadi tanda bagi nilai-nilai yang mengatasi dunia, tanda pengharapan bagi yang putus asa, tanda penghiburan bagi yang berduka dan menderita, serta penuntun pada perjumpaan dengan Allah yang hidup.

Tujuan komunitas membentuk anggota-anggotanya menjadi:
1) Murid-murid Kristus yang sejati, yang mengenal Allah secara pribadi dan yang menjadikan Yesus pusat hidup mereka.
2) Orang-orang Katolik yang dewasa, yang dapat mempertanggungjawabkan imannya secara dewasa.
3) Orang-orang Katolik yang penuh iman dan Roh Kudus, yang bersandar pada Sabda Allah dan terbuka terhadap karya dan karunia Roh Kudus dalam segala bentuknya.
4) Saksi-saksi Kristus yang meyakinkan, yang dapat memberikan kesaksian tentang Yesus Kristus dalam lingkungan hidupnya masing-masing, sesuai dengan bakat dan karunia masing-masing.

Komunitas juga membina para anggotanya supaya mereka :
1) Memiliki semangat pelayanan yang sejati.
2) Memberikan pelayanan terpadu di bawah bimbingan Uskup, dalam pelbagai bentuknya, sesuai dengan kebutuhan Gereja dan karisma yang diberikan Tuhan kepada mereka.
3) Menjadi sungguh-sungguh mampu dan terampil dalam bidang mereka masing-masing, sehingga pelayanan mereka sungguh-sungguh bermanfaat bagi umat Allah dan dapat dipertanggungjawabkan.

Spiritualitas KTM bersumber pada spiritualitas karismatik Katolik dan spiritualitas Karmel. Keduanya telah menyatu menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam hidup dan pelayanan KTM. Karena itu KTM merupakan suatu persekutuan hidup, dengan suatu komitmen, bukan hanya sekedar persekutuan doa. Dengan motto: “Vivit Dominus In Cuius Conspectu Sto” (Allah hidup dan aku berdiri di hadiratnya)

Komunitas Tritunggal Mahakudus memiliki Visi dan Misi sebagai berikut:
“Dalam kuasa Roh Kudus mengalami dan menghayati sendiri kehadiran Allah yang penuh kasih dan menyelamatkan, sampai pada persatuan cinta-kasih, serta membawa orang lain kepada pengalaman yang sama”.

Dasar kehidupan KTM ialah kehidupan dalam sel. Pertemuan sel diadakan minimal sebulan dua kali. Sebuah sel terdiri dari 4-16 orang anggota. Karena semangat evangelisasinya, setiap sel diharapkan setelah beberapa waktu berkembang dan membelah diri menjadi dua sel baru. Pertemuan sel merupakan tempat dimana anggota-anggota saling menguatkan melalui puji-pujian, doa, sharing dan pengajaran. Kebanyakan pelayanan dilakukan di luar pertemuan sel, misalnya kunjungan ke Rutan Wirogunan, pelayanan koor, kunjungan orang sakit, adorasi dan lain-lain.

Jadwal Pertemuan Sel di Paroki Kumetiran:
Dewasa : Setiap hari Sabtu ke 2 dan Sabtu ke 4
Pukul : 10.00 – 12.00 WIB
Tempat : Panti Paroki Bawah Kumetiran
Pelayan Sel : Bp. Suparjo (081225414488)

Muda-mudi : Setiap hari Minggu
Pukul : 18.30 – 20.00 WIB
Tempat : Sambel Kumetiran
Pelayan Sel : Rani Dewi (08562615677)

Adorasi : Setiap hari Sabtu
Pukul : 19.30 – 20.30 WIB
Tempat : Kapel Adorasi

Stefanus Sugianto
Pelayan Distrik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: