Sekolah Minggu di alam





Sebanyak 105 anak-anak dan puluhan pendamping PIA dan orang tua pada hari minggu pagi (6/11), ikut memadati halaman gereja untuk mengikuti acara sekolah minggu bersama di alam. Tepat pukul 08.00 akhirnya ketiga bis yang ditunggu akhirnya datang juga dan membawa rombongan menuju lokosi outbound di desa wisata Banyusumilir. Ikut dalam acara sekolah minggu yang dikemas dalam bentuk outbound romo FX. Suyamto,Pr selaku romo pendamping PIA Kumetiran. Sebanyak 105 anak dibagi menjadi enam kelompok untuk mengikut permainan outbound. Hujan yang mulai turun dengan deras tak menyurutkan semangat anak untuk mengikuti rangkaian acara yang disusun. Anak-anak usia pra TK sampai TK yang dijadikan dalam satu kelompokpun dengan gembira mengikuti jelajah alam di tengah hujan yang turun. Sambil melewati pematang sawah, turun ke saluran air, susur sungai, mencari kerang dan melewati perkebunan salak, anak-anak dengan senang mengikutinya. Jelajah alam ini bertujuan untuk mendekatkan anak dengan alam sekitar, menjaga, merawat serta mensyukuri alam ciptaan Tuhan.
Setelah selesai dengan jelajah alam, dilanjutkan dengan permainan berjalan diatas ban yang diikatkan dalam tali, permainan ini bertujuan untuk melatih keberanian dan rasa percaya diri anak. Selesai satu persatu anak mencoba, lalu dilanjutkan dengan permainan ketangkasan yang lainnya yang membutuhkan kerja sama kelompok, seperti berbaris di sepanjang bambu, memindahkan air dalam pipa, estafet bola tenis dengan pipa. Permainan kelompok ini, mengajarkan akan kerja sama, komunikasi, kesabaran, dalam merencanakan sebuah tujuan. Uji ketangkasan lainnya juga ada permainan berjalan diatas bambu, dan berjalan diatas tali, yang semuanya bertujuan melatih keberanian, keseimbangan dan rasa percaya diri anak.
Suara teriakan terdengar ketika anak-anak melewati gelapnya lubang bersama derasnya aliran sungai. Merekapun hanya berpegangan dengan seutas tali. Untuk dapat keluar dari terowongan dan supaya tak terseret arus deras maka anak-anak harus kuat memang tali dan menyusuri tali yang disediakan. Setelah melewati derasnya sungai, anak-anak lalu disediakan kolam tangkap ikan untuk melepaskan kegembiraan dan kecapekan dalam mengikuti berbagai macam permainan. Tangkap ikan ini bertujuan untuk melatih kepekaan anak dan keberanian dalam menangkap ikan. Setelah lelah berkubang lumpur di kolam pengangkapan ikan, kolam renang telah disiapakan untuk membuat kesegaran dan menambah keceriaan di hari itu. Walaupun hujan turun sepanjang outbound nampak raut muka keceriaan diantara anak-anak yang ikut. Berharap tahun depan akan ada lagi acara seperti ini.
-sigal-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: