SARASEHAN PSE Bersama Rm. AG.Luhur Pribadi, Pr


Hari minggu 9 Oktober 2011 pukul 10.00-13.00 wib di panti paroki atas gereja Kumetiran diselenggarakan sarasehan PSE bersama Rm. Luhur sebagai narasumber. Acara ini diadakan sebagai tindak lanjut kunjungan room dan dewan paroki ke wilayah-wilayah yang ada di paroki Kumetiran (sebagai salah satu kegiatan menyambut hari paroki). Dalam beberapa kunjungan ada banyak masukan, bahwa PSE lingkungan kurang memahami tugas dan perannya. Bahkan ada beberapa lingkungan yang tidak punya petugas PSE.
Dalam pengantarnya romo Luhur menjelaskan hakikat gereja terwujud dalam bidang dan tugas gereja yang meliputi 4 bidang :
– liturgi dan peribadatan
– pewartaan
– pelayanan dan kemasyarakatan
– paguyuban dan tata organisasi
Masing-masing tugas perutusan ini saling berhubungan satu sama lain dan tidak terpisahkan. Diterangkan juga tentang dasar sepiritualitas karya kasih gereja yaitu :
– bela rasa Allah dalam Yesus Kristus
– bela rasa dilandaskan kasih Allah yang tanpa batas
Sabda telah menjadi daging (dagingnya = gereja). Gereja ialah persekutuan orang-orang yang dipersatukan dalam Kristus, dibimbing oleh roh Kudus dalam ziarah mereka menuju Kerajaan bapa. Dan telah menerima warta keselamatan untuk disampaikan kepada semua orang. (LG1). Paus Benedictus XVI menulis ensiklik berjudul “Deus Caritas Est” yang menguraikan spiritualitas karya pelayanan gereja kepada semua orang. Karya pelayanan gereja ini disebut karya kasih. Gagasan pokok spiritualitas karya kasih :
– kasih Allah telah dicurahkan Allah
– karya kasih sebagai pewartaan kasih Allah
– buah karya kasih adalah sukacita
Acara yang sangat penting ini dihadiri oleh kurang lebih 70 orang meliputi ketua-ketua wilayah , ketua lingkungan dan pengurus PSE lingkungan. Diakhir sarasehan ini romo Luhur memberikan kesimpulan : Karya kasih merupakan bukti perwujudan iman. Doa/devosi/ziarah/adorasi merupakan ungkapan iman.
Wilayah 7

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: