Bedah Buku Signs Of Life40 Kebiasaan Katolik dan akar bibilisnya.


Toko Paroki Shekinah bekerja sama dengan penerbit Dioma pada hari Minggu (30/7) mengadakan acara bedah buku Sign Of Life. Acara yang bertempat di panti paroki ini mengundang nararsumber Rm.G.Notobudyo,Pr. Buku karangan Scott Han ini berisi tentang 40 kebiasaan orang katolik yang sering menjadi pertanyaan orang dari agama lain. Buku ini membantu kaum awam yang sering tidak bisa menjawab pertanyaan mengenai kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan, untuk kemudian bisa memahami dan mengerti kenapa kebiasaan itu patut untuk sekali dipertahankan. Ada beberapa hal seperti, air suci. Air suci yang tak dijumpai dalam agama kristen. Air itu melambangkan kehidupan, kita lahir menjadi katolik juga lewat air baptis. Ketika masuk gereja juga ada air, air yang membersihkan.
Tanda Salib, kenapa kita membuat tanda salib? Tanda salib kita buat sebagai tanda penghormatan dan paling dasar dan sederhana kepada Allah Tritunggal. Penghayatan iman yang paling mendalam dan sederhana. Jika selama ini kita malu membuat tanda salib atau membuat tanda salib dengan seenaknya tentu jauh dari rasa penghormatan kita kepada Allah Tri Tunggal.
Misa Kudus, tak ada perjumpaan dengan Tuhan Yesus yang melebihi ekaristi. Ekaristi sebagai pusat iman kita, sumber dan pusatnya liturgi katolik. Gereja katolik bisa mengalami krisis besar jika umat yang pergi ke gereja tidak mencari Tuhan Yesus.
Pertanyaan lain yang sering diajukan kepada kita, kenapa gereja katolik memasang patung. Dalam ajaran kita memang tak ada ajaran untuk menyembah patung. Gambar dan patung tidak disembah tetapi untuk menggambarkan, mengingatkan dan menghidupakan pikiran kita, sehingga akhirnya dapat menguatkan iman kita.
Acara yang berakhir pukul 12.00, ini diikuti kurang lebih 70 peserta yang kebanyakan diisi oleh orang tua. Sangat disayangkan sedikitnya orang muda yang ikut serta, padahal materi bedah buku ini sering menjadi pertanyaan orang lain kepada kita. Dan kebanyakan kita tak bisa menjawabnya.
-siGal-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: