Memory Juni Wilayahku


Memori Juni Wilayahku

Huahhhhhh Juni 2011, bulan yang baru saja telah berhasil kulewati. Terlintas lagi seketika di pelupuk mata, di inti kepala dan di dalam jiwa, hari-hari yang sibuk, penuh dengan aktivitas aneka rupa. Begitulah yang terbayang dan kuingat hingga saat ini, mungkin hal yang sama juga dipikirkan oleh seluruh warga di wilayahku, Wilayah II, yang terdiri dari warga Ngampilan I, ngampilan II dan Ngadiwinatan.
Bulan Juni telah kami warnai dengan tawa, canda, maupun tetes air mata, namun sukacitalah yang terbesar di antaranya. Ada kebanggaan yang kami rasakan, ada rasa lega dan puas, meski di tengah kondisi fisik yang melemah.
Bulan Juni kami awali dengan latihan koor yang lebih intensif, setelah bulan Mei, mengingat Lomba Koor Antarwilayah di paroki yang semakin dekat pelaksanaannya, yaitu 19 Juni 2011. Latihan koor bersama Mas Bonny pelatih kami, yang lucu tapi baik hati, dengan dihadiri sekitar 30 orang setiap latihannya, dengan hanya minum air mineral, selain karena alasan agar tdak merusak suara, terlebih juga karena alasan irit, hehehe, semua menyisakan kenangan manis bagi kami. Tuhan pun mengizinkan kami menggondol Juara III dalam lomba ini, meskipun ramalan cuaca dan ahli nujum mengatakan kami akan mendapat juara I(alias pangarep-arep). Betapa bersyukur dan bahagianya kami hingga tak ada alasan untuk menangis setelah penampilan kami selesai dalam lomba itu. Semua yang bisa kami rasakan adalah kami benar-benar menyatu dalam lagu yang kami nyanyikan, dan kami benar-benar tidak peduli akan juara atau tidak nantinya. Kami sudah mewartakan keagungan-Nya dan itulah hasil optimal dari jerih payah latihan kami.
Di tengah-tengah bulan, tepatnya 13 Juni 2011, wilayah kami juga punya gawe internal berupa pertemuan rutin pengurus wilayah, yang bertemakan Optimalisasi Tugas dan Karya Bidang Pewartaan. Pertemuan ini cukup mengharukan karena pengurus yang datang lebih banyak dari pertemuan-pertemuan sebelumnya. Ini berkah Tuhan yang kesekian kalinya bagi kami. Di dalam pertemuan ini juga diundang Bapak F.X.Warindrayana selaku Koordinator Bidang Pewartaan Dewan Paroki, yang cukup banyak memberikan materi tentang pewartaan Gereja, dan tentunya bisa lebih memotivasi para pengurus untuk tetap setia dan ikhlas menjadi “pewarta”.
Masih di bulan Juni, setelah pertemuan rutin pengurus wilayah, latihan dan lomba koor, kami masih punya energi lagi untuk mengadakan Misa Pesta Nama Santo Petrus dan Paulus Rasul, tepat pada tanggal 29 Juni 2011, hari yang juga ditetapkan Gereja sebagai Hari Raya, mengingat kedua tokoh tersebut merupakan pelindung wilayah kami dan juga memiliki karya yang luar biasa. Mereka memiliki keberanian, keteguhan dalam iman, dan semangat yang tak kunjung padam dalam mewartakan Kristus. Misa yang dipimpin Romo Florentinus Harto Subono, Pr. yang dimulai pukul 19.00 dihadiri tak kurang dari 150 warga wilayah yang terdiri dari anak-anak, orang muda, bapak ibu hingga eyang putri dan kakung. Misa ini sangat berkesan bagi kami, sampai-sampai Bapak Sri Sudarto selaku Ketua Wilayah II mengatakan bahwa dia ingin hidup hingga 100 atau 1000 tahun karena merasakan betapa wilayah ini sangat terasa guyub rukunnya. Romo Bono juga menguatkan kami dalam homili panjangnya (namun tidak membosankan Mo ) agar setiap pelayanan kita selalu dijiwai oleh Roh Kudus, selalu mengikuti jejak Santo Petrus dan Paulus dalam berkarya, jangan tanggung-tanggung dalam melayani. Setelah menguatkan, tak lupa Romo Bono juga menantang setiap kami, agar mau berlomba-lomba untuk mengentaskan kemiskinan khususnya bagi warga Katolik di sekitar paroki Kumetiran, tidak hanya lomba kor saja. Tentu saja ini bukan sekadar guyon sambil lalu, tetapi bila kita memikirkannya bersama, bukan mustahil impian ini bisa tercapai, tidak ada lagi orang miskin di paroki kita.
Predikat juara III yang kami peroleh dalam Lomba Kor ternyata juga semakin menginspirasi kami untuk eksis di dunia tarik ulur suara, artinya kami tidak ingin kebersamaan yang sudah terjalin hilang begitu saja dan tidak ada kelanjutannya. Berkat ngobrol-ngobrol di fesbuk, curhat kiri kanan, dibumbui sedikit gosip-gosip hangat, maka muncullah kesepakatan tak resmi bahwa kami akan membentuk sebuah kelompok paduan suara yang lebih serius, tidak hanya untuk lomba, tetapi juga tugas-tugas menggereja yang lain. Nama sementara adalah Paduan Suara Immanuel, tapi kami masih berusaha mencari nama yang lebih baik, yang sesuai dan bermakna bagi kami semua.
Soft Opening (semacam peresmian kecil) paduan suara wilayah kami dilaksanakan pada saat syukuran lomba dan pesta nama, pada tanggal 5 Juli yang lalu. Pengurus pun sudah terbentuk diketuai oleh Maria Yessica, ditandai dengan pemotongan tumpeng syukur oleh Bapak Sri Sudarto, sang Ketua Wilayah. Rasa bahagia kembali tertancap di hati kami, apalagi ada warga yang sudah meminta kami untuk menjadi petugas koor dalam misa peringatan arwah pertengahan Juli nanti. Ada yang berminat lagi??? Pesan jauh-jauh hari lho.
Diawali dan ditutup dengan sempurna, tak perlu menyembunyikan kekurangan kami. Dia selalu ada, Dia selalu menjaga, Dia selalu menyertai karya dan pelayanan kami. Ya Tuhan, bulan Juni benar-benar anugerah bagi kami. Kami telah kaupersatukan lewat segala yang kami persiapkan dan laksanakan, mulai dari rapat, latihan koor, usaha pencarian dana, lomba koor, pertemuan wilayah juga pembentukan paduan suara wilayah. Kami serahkan semua usaha dan jerih payah kami, kami percaya sepenuhnya kepada-Mu, teguhkanlah hati, pikiran dan jiwa kami, dalam melangkah ke depan, dalam pelayanan kami bagi-Mu dan bagi sesama.
Mungkin tak hanya warga wilayah kami yang merasakan ini semua. Mungkin ada banyak warga di belahan wilayah lain, yang juga merasakan sukacita ini, atau malah belum merasakannya. Tulisan sederhana “Memori Juni Wilayahku” ini semoga bisa sedikit memberikan makna bagi yang membacanya. Mari mewartakan cinta Tuhan….
-Gita-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: