PERAYAAN EKARISTI KONSELEBRASI


PERAYAAN EKARISTI KONSELEBRASI
PEMBARUAN JANJI IMAMAT DAN PEMBERKATAN MINYAK

Di Katedral Semarang, 20 April 2011 pukul 11.00 WIB diadakan perayaan Ekaristi pembaruan janji imamat dan pemberkatan minyak dipimpin oleh MGR JOHANNES PUJASUMARTA. Dan dihadiri oleh sekitar dua ratus lima puluh imam, belum termasuk para suster, bruder, frater dan umat di Keuskupan Agung Semarang. Bahkan keluarga para seminaris yang turut hadir mendampingi para seminaris dari Mertoyudan yang bertugas sebagai kelompok paduan suara. Tidak seperti tahun lalu, perayaan ekaristi kali ini diadakan pagi hari.
Rombongan berjumlah tujuh orang, lima orang perwakilan katekis, seorang sopir dan penulis yang kebetulan bisa ikut, berangkat dari Yogyakarta pukul enam pagi.
Sampai di Semarang jam sembilan lebih, jadi kami punya waktu sebentar untuk bersiap-siap mengikuti misa.
Perayaan ekaristi dimulai dengan prosesi perarakan, dari para putera altar, para imam, Mgr Sukarto, Kardinal Darmoatmojo dan Bapa Uskup Agung Mgr Johannes Pujosumarto.
Pembaruan janji imamat menjadi peristiwa iman yang penuh makna, sebab para imam memperbarui komitmen dan janji mereka untuk menghadirkan Kristus bagi umat dan mengantar umat kepada Kristus dalam kesatuan dengan seluruh Gereja.
Setelah pembaruan janji imamat, Bapa Uskup Agung dibantu asisten memberkati minyak. Minyak-minyak yang diberkati adalah : ~ Oleum Infirmorum ( OI / minyak orang sakit )
~ Oleum Catechumenorum ( OC / minyak katekumen )
~ Sanctum Chrisma ( SC / minyak krisma )
Perayaan ekaristi ini berjalan lancar, khidmat dan megah. Sungguh mengesankan bagi penulis yang baru dua kali ini mengikuti ekaristi pembaruan janji imamat. Mungkin bapak ibi tahun depan bisa juga hadir mengikuti perayaan ekaristi pembaruan janji imamat, yang biasanya diselenggarakan sebelum tri hari suci. Sekaligus bisa membawa putra-putrinya untuk melihat, merasakan betapa agungnya ketika hamba-hamba Tuhan / para Romo itu mengucapkan janji pembaruan imamatnya. Dan juga pada saat tangan terangkat searah dengan Bapa Uskup memberikan berkat pada minyak krisma.
Setelah misa ternyata panitia menyediakan jamuan umat di halaman katedral. Suatu pengalaman baru bagi penulis yang menguatkan dan meneguhkan serta sangat menambah wawasan .
Terima kasih Bapak-ibu katekis………….. ( Tyas )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: