Berkurban Bagi Sesama


RUBRIK PIA

Tema : Berkurban Bagi Sesama
Bacaan : Yesaya 58 : 9b-14
Ayat emas : “apabila engkau menyerahkan kepada orang lapar apa yang kau inginkan sendiri, dan memuaskan hati orang yang tertindas, maka terangmu akan terbit dalam kegelapan dan kegelapan akan seperti rembang tengah hari”
Cerita :
Si Sapi dan Si Babi
Seorang kaya bertanya pada pastornya : “Pastor, mengapa orang menyebut saya pelit sementara mereka semua mengetahui bahwa ketika aku mati aku akan meniniggalkan semua ini kepada gereja?” Pastor itu menjawab : “Baiklah, saya akan ceritakan kepadamu sebuah perumpamaan seekor babi dan seekor sapi. Babi termasuk binatang yang kurang disukai orang, sedangkan sapi disayangi oleh banyak orang. Hal itu membuat si babi bingung. Ia berkata kepada sapi : “orang selalu memuji badanmu yang bagus dan matamu yang bening .” mereka pikir engkau sangat dermawan, sebab setiap hari engkau memberi mereka susu dan krim. Tetapi bagaimana dengan diriku? Aku telah memberi mereka daging panggang dan ham. Aku telah menyediakan bulu-bulu untuk membuat sikat. Bahkan mereka telah mencincang kakiku. Akan tetapi, tak seorang pun menyukai aku. Mengapa demikian?”
“Tahukan adik-adik, apa jawaban si sapi?” tanya pastor kepada orang kaya itu. Sapi itu mengatakan demikian, “ Barangkali karena saya memberikan sementara saya masih hidup di dunia ini.”

Adik-adik yang manis. Bacaan hari ini dan cerita si sapi dan si babi ingin mengajak kita untuk mau berkorban bagi sesama dan janganlah kita menjadi orang yang egois, yang hanya memikirkan diri kita sendiri tanpa peduli pada sesama. Dalam satu ayat, Tuhan berkata bahwa kita baiknya mau berbagi dengan sesama, berilah pada mereka apa yang mereka butuhkan sesuai dengan kemapuan kita dan tentunya dengan hati yang tulus. Selain itu Tuhan juga berpesan supaya kita juga mau memahami keadaan sesama. Hargai dan hormati mereka seperti kita menghargai dan menghormati diri sendiri. Ingatlah, apa yang kalian lakukan pada sesamamu maka itu juga yang kamu perbuat pada Tuhan. Jadi kalau kalian tidak ingin Tuhan bersedih, maka perbuatlah yang baik pada sesama dengan tulus. OK???

Doa : Ya Tuhan, bantulah kami untuk peka akan kebutuhan sesama kami. Amin

Tinggalkan Balasan

