Leadership Training Komunitas Tritunggal Mahakudus Muda-Mudi Yogyakarta



Pada tanggal 23 Maret 2012 – 25 Maret 2012 yang lalu Komunitas Tritunggal Mahakudus khusus nya muda-mudi mengadakan acara Leadership Training di Omah Jawi Kaliurang dengan tujuan membina setiap anggota agar mau menjadi pelayan-pelayan Tuhan dalam karya penyelamatanNya di dunia ini. Leadership Training KTM Mudi-Mudi diikuti seluruh KTM Muda-Mudi se-Jogja, ditambah peserta dari kota lain seperti semarang dan cilacap.

Acara dimulai hari jum’at 23 Maret 2012, dibuka dengan Misa yang dipimpin oleh Romo Agus Purwadi dari Paroki Somohitan dengan tema ‘Orang Muda: Berubah Untuk Berbuah’, diharapkan para orang muda katolik dapat berubah dan menjadi berkat bagi diri sendiri dan sesama nya agar buah yang dihasilkan tidak dinikmati sendiri tapi juga dapat dinikmati oleh orang lain. Setelah misa diadakan ice breaking sekaligus perkenalan untuk memecah suasana agar menambah kedekatan para perserta satu sama lain dan juga untuk membagi kelompok untuk workshop.

Sebelum berbagai sesi dan pengajaran yang akan dibawakan oleh narasumber kami, yaitu Bp. Vanny dan Sdra. Nikki, terlebih dahulu para peserta diajak untuk memuji Tuhan dengan lagu lalu dibuka dengan doa pembuka yang akan dibawakan oleh para petugas. Diawali dengan pengajaran pujian penyembahan yang dibawakan oleh Nikki. Para peserta terlihat sangat antusias mendengarkannya. Dalam sesi pujian penyembahan para peserta di beri pengarahan bagaimana cara membawakan pujian penyembahan dengan benar. Sebelum dilanjutkan acara pada hari itu diselingi dengan ice breaking agar para peserta tidak merasa bosan. Kemudian dilanjutkan oleh Bp. Vanny dengan sesi ‘Dasar Motivasi Pelayanan KTM’ dalam sesi ini para peserta diingatkan kembali apa yang menjadi dasar pelayanan dalam hidupnya, bukan untuk merasakan kesenangan pribadi tapi pelayanan demi kemuliaan Tuhan, dengan rendah hati.

Setelah 2 sesi pada siang hari itu, dilanjutkan dengan sesi doa Yesus dan sesi adorasi yang dibawakan oleh Nikki. Setelah itu bersamaan dengan persiapan adorasi kelompok-kelompok yang sudah dibuat diberikan undian untuk menentukan tugas apa yang akan dilaksanakan oleh masing-masing kelompok saat workshop esok hari dan menyiapkan lagu – lagu untuk workshop. Setelah persiapan para peserta diajak untuk memasuki suasana hening untuk bersama-sama melaksanakan adorasi pada malam hari itu yang dipimpin oleh Bp. Vanny dan Nikki. Dan selesai sudah acara pada hari pertama itu.

Kegiatan hari kedua ini dimulai dari olah raga pagi agar mer-rilex-kan badan dan membuat lebih segar lagi. Di olah raga pagi ini , para peserta menari-nari dan bergerak dengan lagu-lagu yang meriah. Setelah jasmani sudah segar, saatnya memanjakan rohani dengan doa Yesus. Setelah doa Yesus dilanjutkan dengan Misa yang dipimpin oleh Rm. Agus Purwadi.

Setelah misa, dilanjutkan dengan workshop yang akan dibawakan oleh masing masing kelompok secara bergantian,. Dalam workshop workshop yang mereka bawakan seperti doa Yesus, adorasi, menjadi wordhip leader dalam misa harian dan misa hari raya. Saat kelompok pertama membawakan tugas yang sudah ditentukan saat pembagian kelompok. Satu per satu menampilkan tugasnya. Dari kesalahan-kesalahan yang saat workshop itu menjadi pelajaran agar kita sendiri dan orang lain dapat belajar untuk menjadi lebih baik lagi dalam karya pelayanan.

Setelah istirahat dan makan siang, dilanjutkan dengan sesi tentang leadership yang akan dibawakan oleh Bp. Vanny. Sesi yang akan dibawakan adalah ‘Aku adalah Pelayan’ dan ‘Proses Pembentukan Pelayan Tuhan’. Tidak hanya para peserta leadership training yang mengikuti sesi ini, tapi juga berdatangan beberapa KTM dewasa untuk mengikuti bersama.

Lalu dilanjutkan dengan Ibadat Tobat dan Refleksi, guna menyiapkan diri untuk pengakuan dosa dan pembaharuan pencurahan Roh Kudus. Saat Ibadat berlangsung, para peserta terlihat menikamati suasana hening itu. Setelah Ibadat selesai dilanjutkan dengan pengakuan dosa lalu Pembaharuan Pencurahan Roh Kudus. Secara bergantian para peserta maju untuk didoakan satu persatu. Setelah Pembaharusna Pencurahan Roh Kudus para peserta istirahat malam.

Hari ketiga sekaligus hari terakhir kami disini, kegiatan pada pagi hari itu dimulai dengan olah raga pagi, lalu dilanjutkan doa yesus, lalu sesi ‘KTM dipanggil untuk Melayani’ yang dibawakan oleh Bp. Vanny. setelah sesi berakhir, tiba saatnya untuk makan siang lalu pulang, tidak ketinggalan pula sesi foto-fotonya..
Oleh: Brigitta Rani, KTM Muda-Mudi Yogyakarta

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: